+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

Ramadhan Bulan yang Penuh Keberkahan

13 Mar 2023

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Berbagai keutamaan yang terdapat dalam bulan Ramadhan tentunya sudah pernah kita dengar baik melalui ceramah, bacaan, dan berbagai sarana media lainnya. Bulan Ramadhan disebut juga syahrun mubarak, seperti dalam hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam  yang artinya  “Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian…” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi)

Keutamaan Ramadhan yang pertama, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam mengatakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh barakah. Barakah artinya adalah ziyadatul khair; bertambahnya kebaikan. Di bulan Ramadhan, banyak kebaikan yang bertambah. Banyak pula kebaikan yang meningkat. 

Buktinya, meski berpuasa, namun omset para pedagang dan pengusaha meningkat, karyawan atau pegawai mendapat THR, serta keberkahan-keberkahan lainnya yang dirasakan seluruh umat muslim. Selain itu, kita dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, berpuasa ramadhan, shalat tarawih, memperbanyak tilawah, termasuk sedekah, sebagai bagian dari keberkahan Ramadhan yang lebih besar lagi. 

Khusyuk untuk menyelami keberkahan bulan mulia ini memerlukan perencanaan yang matang dan tekad yang kuat untuk melaksanakannya, sehingga keberkahan Ramadhan bisa kita capai. Jangan biarkan Ramadhan berlalu tanpa kita sadari. Mari kejar keutamaannya sambil sejenak kita simak sebuah hadits Rasululullah shalallahu alaihi wassalam, “Kalau saja manusia tahu apa yang terdapat pada bulan Ramadhan, pastilah mereka berharap Ramadhan itu selama satu tahun.” (HR Thabrani, Ibnu Khuzaimah, dan Baihaqi.

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023