+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

Merayakan 10 Muharram Lebaran Anak Yatim, Ini Beberapa Cara yang Bisa Kamu Lakukan

11 Jul 2024

10 Muharram atau Hari Asyura disebut sebagai Lebaran Anak Yatim. Hal ini bukan tanpa alasan, amalan ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebagai bagian dari keutamaan bulan itu sendiri. 


Salah satu anjuran amalan tersebut adalah mengusap kepala anak yatim. Namun, tentu yang dimaksud tidak hanya mengusap kepalanya saja, tetapi juga dengan tindakan yang dapat menyenangkan hati anak yatim. 


Oleh karena itu, momentum 10 Muharram ini dijadikan sebagai ajang umat Muslim menyantuni anak yatim.


Berikut beberapa cara merayakan Lebaran Yatim di 10 Muharram:


  1. Sedekah kepada anak yatim

Sebagaimana kita bersedekah kepada yang membutuhkan, terkhususnya kepada anak-anak yatim. Mereka adalah anak-anak yang sudah tidak memilih ayah, dengan kondisi ekonomi yang rendah, anak-anak ini tidak tercukup kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, kita bisa berbagi rezeki yang dimiliki untuk memberi kepada anak-anak yatim ini dan menyenangkan hati mereka. 


  1. Silaturahmi ke Panti Asuhan atau Yayasan Yatim

Mengunjungi mereka sembari membawa suasana suka cita untuk dirasakan bersama, adalah amalan yang sangat mulia pada tanggal 10 Muharram. Dengan mengadakan acara kecil yang dapat menyenangkan hati anak-anak yatim bisa menjadi kesempatan untuk menyampaikan cinta dan kepedulian kepada mereka yang mungkin sering merasa kesepian. 


  1. Menjadi relawan untuk membahagiakan anak yatim


Kawan-kawan relawan dapat memberikan kontribusi dalam bentuk apa pun kepada anak-anak yatim. Seperti memberikan bimbingan pendidikan, mengajari mereka berbagai ilmu pengetahuan umum atau agama, memotivasi, hingga mengajak berkreasi untuk mengasah dan mengembangkan soft skill mereka. Untuk membantu tidak hanya tentang memberikan materi, tetapi juga dengan mengamalkan ilmu yang kita miliki, menjadi sosok orang tua asuh untuk anak yatim. 


  1. Puasa Asyura bersama


Lebaran Anak Yatim bertepatan dengan hari Asyura, maka kita juga bisa menunaikan puasa Asyura bersama-sama. Dengan begitu, kegiatan berbuka bersama bisa menjadi cara terbaik menyenangkan mereka. Anak-anak yatim tersebut bisa mereka yang ada di sekitar tempat tinggal, atau yang tinggal di Panti Asuhan atau Yayasan Yatim Dhuafa. 


Tentunya amalan ini sangat mulia dan Insha Allah menambah pahala kita berkali- kali lipat dari biasanya.


  1. Berperan untuk meningkatkan kesadaran sosial

Selain melakukan beberapa aksi langsung, kita bisa mengambil bagian meningkatkan kesadaran sosial tentang kondisi anak-anak yatim dhuafa di masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan bantu share informasi terkait program Festival Lebaran Anak Yatim, Sekolah Relawan. Program ini merupakan program untuk membahagiakan anak yatim di 10 Muharram tepatnya hari Asyura. Kegiatan yang dilakukan pun tidak hanya berkunjung ke Yayasan Yatim Dhuafa, namun juga mengajak orang baik berbagi rezeki dengan menyediakan santunan, bingkisan, hingga makanan sehat dan bergizi untuk anak-anak yatim. 


Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023