+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

5 Karakter yang Harus Melekat dalam Diri Seorang Relawan

26 Mei 2023

Menjadi relawan tidak sembarang terjun ke lapangan bekerja untuk kemanusiaan. Relawan akan menemui berbagai problematika yang harus dihadapi ketika berhadapan langsung dengan para penerima manfaat. Seorang relawan yang nantinya akan bertemu banyak orang dari berbagai daerah dan karakter yang berbeda, tentu tidak hanya dibutuhkan kekuatan fisik, namun juga kekuatan karakter yang tertanam dalam diri seorang relawan. Untuk kamu yang ingin jadi relawan, ada baiknya kamu mengetahui apa saja karakter yang harus kamu miliki, jangan sampai kamu kaget dan bingung ketika menjalankan aksi, berikut beberapa karakter yang seharusnya melekat dalam diri seorang relawan :

 

1. Memiliki jiwa sosial yang tinggi

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa lepas antar satu dan lainnya. Mereka saling berinteraksi dan menjalin proses sosial, sehingga dalam proses tersebut timbul rasa atau jiwa sosial untuk sesama. Kepedulian terhadap sesama sebenarnya sudah ada dalam diri setiap individu, namun akan lebih baik dipupuk sejak dini sehingga seseorang akan mudah peduli terhadap fenomena yang memancing simpati terhadap dirinya.

 

2. Mau belajar hal baru

Ada banyak hal baru yang bisa kita pelajari selama kita hidup di dunia yang telah menyediakan berbagai hal menarik untuk di pelajari. Tidak perlu menjadi genius, namun bagaimana kita bisa belajar dari proses tersebut. Selama menjadi relawan, kamu pasti akan menemui hal-hal baru yang harusnya membuat belajar dan memberikan yang terbaik

 

3. Komitmen

Berkomitmen dalam menjalin hubungan apapun memang tidak mudah ya teman-teman, tapi ketika kamu memutuskan untuk menjalin hubungan serius sebagai seorang relawan, kamu harus bisa komitmen. Dalam komitmen itu, ada rasa tanggung jawab terhadap sesuatu. Seorang relawan harus punya komitmen yang tinggi sehingga apa yang dilakukan memang berdasar pada panggilan nurani.

 

4. Percaya diri

Seseorang yang memiliki kepercayaan yang tinggi akan selalu yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. Seorang relawan harus PD pada potensi yang ada di dalam dirinya karena dengan rasa PD itu, akan mudah bagi kamu untuk berinteraksi dengan para penerima manfaat.

 

5. Mau dan segera lakukan

Kemauan yang ada dalam dirimu adalah hal mendasar yang menggerakkanmu untuk melakukan sesuatu. Namun, ketika kamu hanya mengatkan “mau” tapi tidak berusaha mencari, bagaimana kamu bisa benar-benar terjun menjadi relawan?

Jangan banyak mikir, kalau mau, dikejar sampai bisa berkomitmen ya!

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023