+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Berita

Laporan implementasi program Sekolah Relawan

Bergerak Bersama Pemuda Lembata

23 Okt 2023

Desa Leuburi adalah sebuah desa kecil yang terletak di pedalaman Lembata, penduduk desa mulai menghadapi kesulitan besar dalam mendapatkan pasokan air bersih, bak-bak penampung untuk air hujan yang biasanya menjadi sumber air utama kering, dan mata air yang ada di sekitar desa juga mengering.


Kondisi ini sangat mengkhawatirkan bagi penduduk desa, terutama petani yang bergantung pada air untuk mengairi tanaman mereka. Aktivitas keseharian warga jadi semakin sulit, kebutuhan akan air bersih untuk minum, memasak, dan mandi pun menjadi kebutuhan yang mendesak.


Melihat kondisi tersebut, sekelompok warga desa mulai mencari cara untuk mengatasi masalah ini. Mereka berinisiatif mengadakan pertemuan komunitas untuk mencari solusi. Dalam pertemuan tersebut, salah seorang penduduk desa, Pak Samsul, mengusulkan untuk mencari bantuan dari pihak luar.


Penduduk desa pun akhirnya menemukan kesepakatan, mereka harus mencari bantuan melalui lembaga kemanusiaan. Tak lama setelah itu, Sekolah Relawan  merespon permintaan Desa Leuburi dengan positif dan mengirimkan satu tangki air bersih untuk didistribusikan ke Desa Leuburi.


Ketika distribusi air bersih akhirnya dilakukan, kehidupan di Desa Leuburi mengalami sedikit perubahan, anak-anak berbahagia, warga Desa Leuburi lega karena kebutuhan dasar mereka terpenuhi.


Kemarau panjang yang menjadi momok bagi Desa Leuburi menjadi pelajaran berharga bagi pegiat sosial di desa ini. Para pemuda di Desa Leuburi belajar betapa pentingnya kolaborasi dengan komunitas atau organisasi sosial dari dalam dan luar pulau. 

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023