+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

Selain Bom Perang, Kelaparan Menjadi Ancaman Besar Lainnya di Palestina

06 Jun 2024

Palestina tidak hanya bertahan melawan bom-bom perang Israel, namun juga bertahan dari kelaparan yang megancam anak-anak , orang dewasa, hingga lansia usia rentan.

Dunia internasional sudah berkali-kali memperingatkan bahwa pengepungan dan serangan Israel menyebabkan wilayah Palestina mengalami kelaparan.

Salah satu wilayah dengan kelaparan paling parah terjadi di Gaza Utara. Hal ini disebabkan karena pasukan Israel memutus pasokan makanan mereka untuk waktu yang lama. Lebih dari 3.500 anak terancam tewas karena kelaparan. Kementerian kesehatan mengatakan setidaknya ada 20 orang yang meninggal karena kekurangan gizi dan dehidrasi di rumah sakit wilayah utara, sebagian besar adalah anak-anak dan lansia.

Kasus malnutrisi umumnya berlangsung perlahan dan bisa menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak dan lansia. Namun, ada faktor-faktor lain yang turut memperburuk situasi tersebut. Misalnya, ibu yang kekurangan gizi akan kesulitan memberikan ASI kepada anaknya.

Menurut ahli nutrisi anak dari UNICEF, penyakit diare yang sering terjadi di Gaza karena kurangnya akses air bersih dan sanitasi, mengakibatkan banyak orang sulit menyerap kalori yang mereka konsumsi. Malnutrisi juga melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan risiko kematian akibat penyakit lain.

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023