+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

Relawan Itu Harus Siap Dimaki

26 Mei 2023

Relawan itu harus siap dimaki-maki. Salah satu tugas penting seorang relawan adalah melakukan Assessment. Begitu penting dan strategisnya tugas ini, seringkali yang ditunjuk merupakan relawan yang sudah cukup matang dan punya jam terbang, ditandem dengan relawan baru yang masih perlu belajar.

Tugasnya, mencari titik lokasi penyintas guna melakukan pendataan segala hal yang terkait dengan bencana. Mulai dari data penyintas, jumlah keluarga dan jiwa, orang sakit, lansia, balita, juga data rumah rusak, fasilitas umum, fasilitas sosial, dan lain sebagainya.

Semua data yang berhasil dihimpun tim Assessment ini, akan sangat bermanfaat bagi seluruh tim. Tim distribusi bantuan sangat mengandalkan data tersebut, lokasi dan jumlah penyintas jadi pegangan. Begitu juga tim medis, mereka mendapatkan data dan informasi kebutuhan medis dari hasil assessment.

Bahkan nanti saat melakukan recovery data, tim Assessment juga lah yang diandalkan. Sekolah mana, masjid mana, atau pasar mana yang akan direnovasi data sudah tersedia.

Nah keren kan tugas relawan Assessment ini?

Eits, nanti dulu, kadang tidak jarang kesulitan harus dihadapi oleh mereka. Mulai dari jalan rusak, terjal dan mendaki, sampai jembatan yang putus jadi tantangan. Belum lagi bila mereka tak menemukan makanan yang dijual di tengah hari, maka tak jarang mereka hanya berbekal roti dan sebotol air mineral seharian.

Kadang tim Assessment juga menjadi sasaran kemarahan dan makian penyintas yang tak sabar ketika berkali-kali orang datang meminta data tanpa realisasi bantuan.

Bila beruntung, dan tergantung level kecakapan komunikasi dan pendekatan, juga level wajah rupawan, sesuai pengalaman mungkin tampang menawan bikin warga tenang kali ya, relawan assessment juga bakal sering dapat keuntungan, diajak ngopi, sampai ditawari makan. Bagaimana? Sudah siap jadi relawan kebencanaan? 

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023