+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

Ramadhan dan Semangat Gotong Royong dalam Aksi Kerelawanan

15 Mar 2023

Atmosfer Ramadhan kini sudah mulai terasa. Apalagi sobat relawan sudah banyak yang ikut mendaftar jadi relawan Ramadhan. Ramadhan dan kerelawanan, tidak bisa dipungkiri keterkaitannya. Ramadhan, menurut Valerie Julliand, Resident Coordinator PBB di Indonesia, adalah waktu untuk mencerminkan nilai-nilai kasih sayang dan kemurahan hati.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia (231 juta), memiliki jutaan relawan yang siap mewujudkan nilai-nilai kedermawanan. Berdasarkan Laporan Index Kedermawanan Dunia tahun 2022, 63% orang Indonesia menyumbangkan waktunya berkontirbusi dalam kerelawanan.

Semangat kerelawanan di Indonesia terdengar di banyak negara lainnya. Menurut laporan dari UN Volunteers (UNV) 2022 State of the World’s Volunteerism, kerja sama antara relawan dan pemerintah dapat berkontribusi untuk membangun masyarakat yang lebih setara dan inklusif.

Hal ini didukung dengan adanya gotong royong sebagai tradisi swadaya masyarakat Indonesia. Gotong royong, secara konseptual dapat diartikan sebagai suatu bentuk kerjasama yang disepakati bersama.

Dengan nilai-nilai gotong royong ini, ramadhan sebagai bulan suci umat Islam, membangkitkan semangat kerelawanan di Indonesia. Kitalah, para relawan, yang mejadi penggerak semangat gotong royong itu.

Seringkali sebagai manusia, kita luput dari melihat hal-hal kecil yang kita miliki, momen Ramadhan adalah ajang untuk kita lebih mendalami diri, membuat kita lebih peka terhadap kebaikan dan kebenaran yang ada di sekitar. Oleh karena itu, karena kita melakukan atau ikut aktivitas kebaikan, seperti menjadi relawan, efek dari perbuatan itu akan tertanam di dalam diri kita dan berkesan.

Ramadhan, menjadi wujud nyata dari semangat gotong royong dalam aksi kerelawanan sebagai bagian dari cara kita bersyukur dan berdampak untuk sesama manusia.

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023