+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

Membangun Kebiasaan Sedekah di Ramadhan

13 Mar 2023

Sedekah adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Sebab sedekah tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, namun juga untuk diri sendiri. Sekecil apapun sedekah yang diberikan, tidak akan mengurangi pahala seorang mukmin selagi hatinya ikhlas, apalagi jika sedekah tersebut diniatkan untuk mencari ridho-Nya semata.

Sedekah yang dimaksud tidak hanya berbentuk uang, bisa juga barang, makanan, pakaian, tenaga,  ilmu pengetahuan dan sebagainya yang dibagikan kepada sesama. Karakter seorang muslim yang sejati adalah gemar bersedekah. Bersedekah seperti membangun suatu kebiasaan baik yang terus dilatih dan dipertahankan. 

Menurut Psikolog Liza M Djaprie, apapun yang tengah dikerjakan, idealnya rata-rata orang membutuhkan waktu 30 hari untuk membuat suatu hal menjadi kebiasaan. Begitu pun dalam ajaran Islam, untuk membangun kebiasaan baik seorang muslim, seseorang tidak hanya harus selalu mengingatkan diri untuk konsisten, namun juga mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, menyambut datangnya bulan Ramadhan, mulailah membangun kebiasaan sedekah rutin sebagai awal mula belajar konsisten melakukan hal yang sama setiap hari. Terlebih di bulan Ramadhan, segala amalan baik yang diperbuat akan dibalas dengan pahala berlipat ganda oleh Allah SWT. Siapa saja yang menabur amalan baik sebanyak-banyaknya di Ramadhan, maka ia akan menuai hasil yang Allah SWT janjikan.

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023