+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

Israel Bombardir Tenda Pengungsi Rafaf, Puluhan Orang Terbakar Hidup-hidup

28 Mei 2024

Israel menggempur tenda-tenda pengungsi di zona aman yang ditetapkan di Rafah pada hari Minggu (26/5). Akibatnya, banyak warga Palestina tewas, petugas medis Palestina mengatakan “banyak” orang lainnya terperangkap dalam puing-puing yang terbakar.

Akibat serangan ini, banyak anak-anak hingga orang dewasa terbakar hidup-hidup karena serangan Israel dan menyebabkan kebakaran tenda pengungsi. 

Video-video yang dilansir media-media Palestina menunjukkan api berkobar di dalam camp yang dikelilingi tembok seng tersebut. Korban dengan luka bakar parah juga terlihat dievakuasi dari lokasi pengeboman. Jenazah bayi-bayi dengan kondisi mengenaskan terlihat dijejerkan di lantai rumah sakit. Dengan serangan terbaru di Rafah, jumlah korban tewas akibat serangan tersebut mencapai lebih dari 190 orang.

“Tempat penampungan ini seharusnya menjadi tempat berlindung yang aman bagi warga sipil yang tidak bersalah, namun mereka menjadi sasaran kekerasan brutal. Anak-anak, perempuan, dan laki-laki dibakar hidup-hidup di bawah tenda dan tempat berlindung mereka,” kata ActionAid, organisasi bantuan internasional

Serangan yang diluncurkan Israel ini terjadi dua hari setelah Mahkamah Internasional memerintahkan Israel untuk mengakhiri serangan militernya di Rafah, di mana lebih dari separuh penduduk Gaza mengungsi sebelum dimulainya operasi militer Israel ke kota itu pada 6 Mei lalu. Puluhan ribu orang masih bertahan di daerah tersebut sementara banyak lainnya telah mengungsi.



Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023