+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

Indonesia Kembali Dinobatkan sebagai Negara Paling Dermawan di Dunia 2023

13 Nov 2023

Indonesia kembali dinobatkan jadi negara paling dermawan di dunia dengan skor 68%, artinya 6 tahun sudah Indonesia jadi peringkat pertama. Ada 3 aspek yang dinilai pada penelitian ini, seperti perilaku suka membantu orang asing/orang yang tidak dikenal, menyumbangkan uang ke badan amal, dan volunteering.


Skor tertinggi di antara ke 3 hal itu adalah donasi uang (82%), namun Indonesia tidak lagi berada di urutan teratas untuk masing-masing nilai aspek perilaku. Pada aspek suka membantu orang asing, negara Jamaika berada di urutan paling atas. Sementara pada aspek gemar menyumbang uang ke badan amal, Indonesia masih kalah dengan Myanmar. Adapun aspek menyumbang kerelawanan untuk organisasi, Liberia berada di urutan nomor satu.


Sementara negara paling tidak dermawan menurut WGI 2023 adalah Polandia (skor: 15), Kroasia (skor: 18), dan Yaman (skor: 18).


Sebenarnya pencapaian ini terbilang mengejutkan mengingat sektor filantropi di Indonesia tengah menghadapi tantangan besar sepanjang 2022, menurut keterangan Peneliti filantropi di PIRAC (Public Interest Research and Advocacy Center) Hamid Abidin. Beliau menjelaskan lebih lanjut bahwa tantangan tersebut terkait menurunnya kepercayaan masyarakat, belum pulihnya kapasitas menyumbang warga setelah pandemi Covid-19, hingga regulasi yang kurang mendukung, bahkan cenderung menghambat kegiatan filantropi di Indonesia.


“CAF World Giving Index memberi kita alasan untuk optimisme penuh harapan pada saat terjadi ketidakstabilan besar. Kemurahan hati adalah sifat bawaan dari perilaku manusia dan mengikat kita semua sebagai komunitas global. Keberagaman negara yang memimpin indeks ini menyoroti hal ini: negara-negara tersebut mencakup spektrum pembangunan ekonomi, geografi, bahasa, agama dan budaya. Memberi adalah tentang membangun hubungan dengan orang-orang di sekitar kita, baik mereka yang berada di seberang jalan atau di belahan dunia lain,” kata Neil Heslop OBE, Kepala Eksekutif Charities Aid Foundation.

Kuatnya nilai dan ajaran keagamaan serta tradisi menyumbang menjadi penopang utama kegiatan kedermawanan sosial di Indonesia membuat kegiatan filantropi tetap berkembang pesat dan diakui sebagai yang terbaik di dunia.

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023