+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

Dari Kartini hingga Kini: Transformasi Peran Perempuan dalam Masyarakat Modern

25 Apr 2024

Peran perempuan di dalam masyarakat sejak dahulu hingga era modern mengalami banyak perubahan yang signifikan. Keterbatasan peran perempuan di masa lalu dan di masa kini yang semakin besar merupakan tantangan perempuan dalam memperjuangkan hak-hak mereka untuk prospek di masa depan.

Pada era kartini, perempuan menghadapi banyak keterbatasan yang aspek besarnya dalam bidang pendidikan dan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Sosok Kartini adalah salah satu pejuang yang memberikan hak perempuan untuk akses pendidikan setara.  Meskipun telah banyak perubahan, perempuan masih banyak mengahadapi tantangan untuk mencapai kesetaraan gender sepenuhnya. Beberapa tantangan tersebut termasuk di antaranya seperti diskriminasi dan norma-normal sosial yang membatasi peran maupun aspirasi perempuan.

Hal itu menjadi catatan penting bagi kita semua untuk dapat memperjuangkan kesetaraan gender melalui bidang pendidikan, perubahan mengenai kebijakan dan dukungan bagi perempuan untuk dapat menggapai potensi penuh dalam diri mereka masing-masing. Karena, kesetaran gender bukan hanya masalah yang ada bagi seorang perempuan, tetapi juga perjuangan kesetaraan gender merupakan masalah kemanusiaan yang melibatkan banyak orang dalam masyarakat.

Selamat Hari Kartini! Semoga semangat dan perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan dan pendidikan dapat terus dilanjutkan oleh semua kartini di era modern ini. Dedikasinya menggerakan kita untuk dapat menciptakan dunia yang lebih adil untuk semua perempuan.

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023