+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

Community Developtment: Membangun Masyarakat yang Berdaya dan Berkelanjutan

19 Sep 2023

Community Developtment adalah tentang pengembangan masyarakat. Sebuah upaya untuk memperkuat ikatan sosial dan ekonomi dalam suatu wilayah tertentu untuk mencapai perkembangan yang berkelanjutan. Salah satu aspek penting dari pengembangan suatu komunitas adalah membangun hubungan yang kuat antarwarga. Ketika anggota komunitas saling mendukung dan bekerja sama, mereka dapat mengatasi berbagai tantangan yang mungkin mereka hadapi. Ini melibatkan penyediaan fasilitas dan layanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti pendidikan, infrastruktur, dan pelayanan kesehatan yang terjangkau.


Selain itu, pengembangan komunitas juga mempromosikan pembangunan ekonomi lokal. Dengan mendorong kewirausahaan dan kerja sama bisnis di dalam komunitas, kita dapat menciptakan peluang kerja dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Inisiasi adanya program pasar pendampingan petani hidroponik, umkm ibu-ibu tangguh, atau pelatihan keterampilan dapat membantu masyarakat menjadi lebih mandiri secara ekonomi.


Komponen penting lainnya dari pengembangan masyarakat adalah mempromosikan keberlanjutan lingkungan seperti program pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam yang bijaksana.


Kehadiran fasilitator atau relawan Coomunity Developtment di tengah masyarakat untuk mendampingi mereka agar lebih berkembang dengan memanfaatkan apa yang mereka miliki. Sebab kita memercayai bahwa yang bisa mengubah atau memperbaiki kondisi kehidupan komunitas/masyarakat adalah mereka sendiri.


Tugas fasilitator ini bagaimana membantu mereka menggali potensi diri agar bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi secara mandiri dan berdaya. Konsep kerja seorang fasilitator bukan cuma soal seberapa kreatifnya program yang dirancang atau dijalankan, tetapi juga soal keberlanjutan program tersebut.


Secara keseluruhan, pengembangan komunitas merupakan konsep penting dalam membangun masyarakat yang kuat dan berkelanjutan. Dengan berperan dalam pengembangan komunitas, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih baik untuk semua orang.

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023