+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

BMKG Peringatkan Gempa Megathrust 'Tinggal Tunggu Waktu'

15 Agu 2024

Apa si gempa megathrust itu?


Gempa megathrust adalah gempa bumi berkekuatan besar yang memicu tsunami. Indonesia termasuk negara rawan gempa megathrust karena terletak di Cincin Api Pasifik. 


Rilisan BMKG?


Dalam rilisnya, BMKG menyebut ada kekhawatiran dari ilmuwan Indonesia terhadap Megathrust Selat Sunda M 8.7 dan Megathrust Mentawai-Siberut M 8.9. Pasalnya, dua megathrust tersebut sudah lama tidak melepaskan energi besarnya.

“Rilis gempa di kedua segmen megathrust ini boleh dikata 'tinggal menunggu waktu' karena kedua wilayah tersebut sudah ratusan tahun belum terjadi gempa besar," kata Daryono dalam keterangannya, Senin, 12 Agustus 2024.


Penyebab terjadi gempa megathrust di Indonesia?

Penyebab utamanya adalah aktivitas tektonik di zona subduksi, di mana lempeng samudra menunjang di bawah lempeng benua, proses ini mengakumulasi energi dalam waktu yang lama yang kemudian dilepaskan secara tiba-tiba dalam bentuk gempa yang besar.


Jadi khawatir deh…


Sebenarnya BMKG sedang mengingatkan potensi yang bisa terjadi karena kita dekat dengan Megathrust Selat Sunda dan Megathrust Mentawai-Siberut. Sudah menjadi hal wajar bahwa Indonesia pasti akan mengalami gempa bumi karena kita tinggal di negara kepulauan yang diapit lempeng Benua-Samudera. Gempa megathrust pernah terjadi dan kita harus percaya itu. Namun, tidak ada yang tahu pasti kapan tanggal kejadian gempa. 


Fokus aja sama hal yang harus kita lakukan mulai sekarang…


Tingkatkan edukasi dan mitigasi terkait bencana. Dimulai dari diri sendiri seperti mempersiapkan tas siaga bencana, sampai ikut pelatihan siap siaga menghadapi bencana. 


Jadi sudah siap ikut pelatihan kebencanaan bareng Sekolah Relawan?

Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023