+62 2177 8057 06 +62 852 1855 3006 info@sekolahrelawan.org

Artikel

3 Hal yang Harus Kamu Punya Sebagai Relawan

26 Jul 2024

Empati kepada orang lain



Memahami kalau setiap orang punya perjuangannya sendiri, perjalanan hidupmu 

dengan mereka itu berbeda. Kalimat "put yourself in others' shoes" bisa selalu jadi pengingat kita semua, bahwa untuk menjalin hubungan dengan sesama manusia, untuk dapat merasakan apa yang orang lain rasakan, memahami kondisi mereka, kita harus bisa menempatkan posisi kita sama dengan orang lain. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk ikut berempati terhadap sesama. 


Meski beberapa pendapat ilmuan psikolog berbeda, seperti yang diungkapkan Alfred Adler,  “Empati adalah melihat dengan mata orang lain, mendengarkan dengan telinga orang lain, dan merasakan dengan hati orang lain.”  


Namun dengan cara apa pun itu, menumbuhkan empati harus kita usahakan. 



"Dahulukan adab sebelum ilmu"


Seberapa tinggi pun ilmu yang kita miliki, kita harus bisa menempatkan 

diri dengan baik. Kalau aksi kerelawanan, kita sering berkunjung ke daerah-daerah pelosok, 

masyarakat marginal, atau mereka yang kesulitan akses pendidikan maupun ekonomi. 

Jangan paksakan ilmu yang kita miliki kepada mereka, tapi cobalah untuk memahami mereka lebih dulu.


Seseorang yang beradab bisa dibilang mampu mengimplementasikan ilmu yang dimilikinya di tengah masyarakat. Seperti yang ditulis dalam buku Faktor X karya Tantomi Simamora, "Seorang yang memiliki ilmu tapi tak beradab, berarti ilmu itu tak berguna bagi dirinya untuk menjadikan orang yang beradab," tulis buku tersebut.


Dikutip dari detikhikmah, orang-orang yang memiliki ilmu tapi tidak disertai dengan adab maka hanya akan berujung pada kesombongan. Mereka akan mudah merendahkan orang lain yang ilmunya lebih rendah tanpa mau mengajari atau membagikan ilmu yang ia miliki.



Mau belajar bertahan dalam ketidaknyamanan


Jadi relawan itu ga cuma soal seru-serunya aja. Tapi juga ada susahnya, ada perbedaannya, dan ada perjuangannya. Kadang kamu akan berada dalam situasi yang tidak nyaman, tidak seperti biasanya, atau tidak sesuai ekspektasi. 


Menurut penelitian yang terbit di jurnal Psychological Science, perasaan tidak nyaman justru membantu motivasi pertumbuhan pribadi seorang individu. "Orang-orang yang kami undang untuk menerima ketidaknyamanan lebih termotivasi; Mereka bertahan lebih lama dalam latihan improvisasi, lebih terlibat dalam latihan menulis ekspresif, dan membuka diri pada informasi yang menantang," tulis Woolley dan Fishbach, dikutip dari laman Psychological Science.


Jalan Mandor Basir 1 no.167, RT.01/RW.08, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok

info@sekolahrelawan.com

+62 21 77805706

Copyright © Sekolah Relawan 2023