Misi Kami Berhasil Bawa Bahagia

Dalam rangka menambah keberkahan Ramadhan, Sekolah Relawan melalui program pangan menyusuri berbagai daerah di pelosok negeri. Seperti program Beras untuk Yatim dan Dhuafa, selain fokus pada distribusi beras untuk yatim dan dhuafa, di Ramadhan ini, kami juga menyajikan pengalaman berbeda, yaitu masak dan berbuka puasa bersama santri.

Perjalanan kami menuju salah satu pesantren di pelosok Bogor ini cukup memicu adrenalin. Kami harus naik mobil pick up untuk menempuh jarah sejauh 3 kg untuk tiba di lokasi. Tidak hanya disuguhkan pemandangan yang menakjubkan, sepanjang jalan kami harus melewati jalanan bebatuan, tanjakan curam, hingga tanah yang licin dan basah. Namun, semua terbayarkan setiba kami di Pesantren Riyadhul Jannah.

Terletak di Kp. Mulyasari, Desa Sukamulya, Kec Sukamakmur, Kab. Bogor, Pesantren Riyadhul jannah berada di ketinggian 995 mdpl. Kurang lebih 70 santri yang berusia 12-18 tahun bermukim di sini. Terdapat satu bangunan asrama putri, satu bangunan asrama putra, mushola, toilet, dan pendopo sebagai tempat untuk tamu yang berkunjung.

Para santri putri datang menyambut, ternyata mereka lebih antusias ingin masak menu buka puasa bersama. Semua bergerak memainkan perannya sendiri. Ada yang tugasnya memotong, menggoreng, dan menumis. Melalui kebersamaan yang kami bangun ini, tidak hanya melatih kekompakan, namun juga menjadi kesempatan para relawan dan santri untuk saling mengenal berbagi cerita layaknya teman lama.

Kehangatan yang tercipta semakin terasa saat kami menanti buka puasa. Selain dilengkapi pemandangan yang memanjakan mata, senyuman mereka seolah mengisyaratkan, misi kami berhasil membawa bahagia.