Banjir Mulai Surut, Dampaknya Belum Pulih

Banjir di Kalimantan Tengah sudah berlangsung cukup lama. Salah satunya di Jl. Bakung Merang Kelas Panarung, Kecamatan Pahandut, Kota Palangkaraya. Salah satunya rumah ibu Aisah (42 th), ketinggian air di dalam rumahnya sampai sepaha orang dewasa. Beliau tinggal bersama anak dan cucunya, karena banjir terjadi setiap tahun, beliau selalu mempersiapkan papan untuk disusun agar lebih tinggi dan aman dari air. "Alhamdulillah mas hari ini mulai surut sehingga kami bisa masuk lagi ke rumah"

Menurut warga setempat, banjir seolah menjadi hal biasa setiap tahunnya. Namun tahun ini adalah yang terparah karena air tak kunjung surut, bahkan kawasan paling tinggi di daerah tersebut juga terdampak.

Walaupun kini banjir mulai surut, tetapi dampaknya masih dirasakan Ibu Aisah, seperti rumah yang kotor akibat lumpur, badan ngilu karena terlalu lama di dalam air, kulit gatal-gatal, bahkan kesulitan untuk mencari air bersih karena pompanya terendam air. Hal ini tidak hanya dialami Ibu Aisah, tetapi juga warga terdampak lainnya.

Saat ini warga sangat membutuhkan bantuan berupa air mineral, hygine kit, obat-obatan, pelkes dan sembako.