Upaya Pemulihan Kembali Masyarakat Semeru Bersama Program Tatar Nusantara

Dampak dari Erupsi Semeru hingga kini masih dirasakan oleh masyarakat di Lumajang. Tidak hanya untuk mereka yang kehilangan kerabat dan tempat tinggal, namun secara keseluruhan, roda perekonomian mereka belum kembali pulih.

Seperti yang dialami petani-petani ini. Akibat erupsi Semeru, mereka kehilangan lahan yang hancur karena AGP. Beberapa yang menyambi kerja menjadi pengambil pasir untuk truk tambang, tidak bisa bekerja saat ini.

Sumber penghidupan mereka mati total. Masyarakat yang kehilangan mata pencaharian mereka ini lah yang menjadi target program Tatar Nusantara Sekolah Relawan yang kini tengah mengupayakan pendampingan untuk pemulihan pasca erupsi Semeru. Semoga, dengan adanya inisiasi bantuan kelompok ternak ini, bisa menjadi sumber kehidupan, tabungan, dan menghidupkan kembali semangat para pencari nafkah ini.


Pendekatan demi pendekatan kami lakukan, tim relawan Tatar Nusantara terus berupaya mengajak diskusi masyarakat terdampak agar semua bisa saling mendukung satu sama lainnya. Semoga program ini menjadi jalan kebaikan untuk kehidupan pak Poniman, pak Nadiran, pak Samsuri, pak Buari, mbah Poniyem, dan pak Rosyid.